Kamis, 28 Oktober 2010

INGIN MAKIN BODOH,TERUSLAH MEROKOK


            Anggapan orang bahwa merorok adalah tindakan bodoh makin mendekat kebenaran . Para perokok dianggap bodoh karena mengabaikan ancaman yang tertulis pada setiap kemasan rokok ; “Merokok dapat menyebabkan kanker,serangan jantung,impotensi,dan gangguan kehamilan dan janin!”.Namun lebih dari itu ,merokok ternyata benar-benar menurunkan tingkat kecerdasan seseorang.
            Setidaknya inilah yang telah dibuktikan oleh DR  Mark Weiser dari Sheba Medical Center di Tel Hashomer ,Israel.Dalam penelitian yang melibatkan 20.000 calon taruna militer Israel,didapatkan bahwa mereka yang merokok ternyata memiliki IQ lebih rendah daripada yang tidak merokok.
            Sebanyak 28 %  dari peserta penelitian merokok setidaknya tiga batang sehari ,3 % adalah mantan perokok ,dan hanya 68 % yang tidak pernah merokok.
            Setelah menjalani tes ,terlihat bahwa perokok secara signifikan memiliki skor IQ lebih rendah  daripada non-perokok.IQ rata-rata non-perokok sekitar 101 ,sedangkan para  perokok memiliki point 94.Secara pasti poin IQ ini terus turun seiring meningkatnya konsumsi rokok,dari 98 pada kelompok yang menghabiskan lima batang rokok sehari,dan 90 pada kelompok yang menghabiskan lebih dari satu bungkus per hari.Peneliti juga membandingkan IQ  pada 70 pasang saudara kandung ,dimana terdapat satu saudara merokok  dan yang lain tidak.Sekali lagi ,IQ rata-rata  untuk non –perokok pada kelompok saudara vkandung lebih tinggi dibandingkan dengan perokok.
            Jadi,kalau mau bertambah bodoh,teruskanlah kebiasaan merokok
(sumber: Majalah ar Risalah No 106/Vol IX/10 Rabi’ul akhir –Jumadil Ula 1431 H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar